Friday, July 28, 2017

Cara Mengubah Template Blogger Biasa Menjadi SEO Friendly

Cara Mengubah Template Blogger Biasa Menjadi SEO Friendly

Disini naimlog akan memberikan tips agar template dari platform blogger diubah menjadi template blog yang berkualitas seo friendly. Ada banyak hal yang anda akan lakukan untuk merubah template blogger untuk menjadi seo friendly. 

Mengapa harus SEO Friendly ?

Iya memang, rata-rata para blogger memilih template seo friendly, bukan hanyaseo friendly tetapi loading pada blognya cepat dan juga mendukung fitur responsive. Tetapi hal yang paling penting adalah Template atau tema seo friendly. Mungkin ada dari kalian yang belum mengerti tentang apa itu seo friendly.

Apa itu SEO Friendly ?
SEO Friendly adalah hal untuk melakukan optimasi yang dilakukan oleh bloggernya. Agar mereka dapat mengoptimalkan pada blog mereka. Sedangkan Friendly dari SEO Friendly adalah baik, bagus dan bersahabat dengan search engine Google, Bing, Yahoo dan Yandex sekali pun.
Dan memang saya akan memberikan cara untuk para blogger, agar blog yang awalnya cuman template blogger biasa atau template bawaan blogger, akan naimlog jadikan sebagai template yang mendukung seo friendly, karena apabila template atau tema pada blog anda mendukung SEO Friendly, maka akan mudah untuk di index oleh google dengan mudah, dan semua artikel ada akan berada di halaman pertama pada mesin pencarian seperti google.

Tanpa basa basi, lebih baik saya akan memulainya saja dari yang pertama untuk optimasi template blog anda menjadi SEO Friendly.

Cara Mengubah Template Menjadi SEO Friendly


1. Memasang Title Tag pada template

Apa fungsi dari title tag ? fungsinya agar google akan mudah untuk membaca sebuah tema atau niche yang dijelaskan dalam blog. Biasanya juga google akan dihubungkan dengan artikel pada blog anda,  apabila anda memiliki hubungan antara judul blog anda dengan isi pada artikelnya maka akan maka akan semakin baik di mata google juga ranking blog anda juga akan naik. Itulah sebabnya title tag anda harus diatur. Dan paling diutamakan untuk blog niche atau blog yang hanya fokus pada satu pembahasan yang digunakan untuk blognya. Berikut cara mengaturnya :

  • Masuk ke blogger.com, setelah itu klik menu tema pada menu disamping kiri dan lanjut pilih "Edit HTML"
  • Setelah anda berada pada kode-kode html, disitu anda ctrl+f terus temukan atau cari kode <title> dan </title>. Setelah ketemu selanjutnya yang anda lakukan yaitu mengganti kode tersebut dengan kode dibawah ini :
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
  • Apabila anda telah mengganti kodenya, setelah itu yang anda lakukan yaitu "Simpan Template" atau menyimpan.
  • Selesai.

2. Memberi Deskripsi pada blog

Mengapa harus memberi diskripsi pada blog ? karena maksudnya deskripsi dapat menggambarkan isi dari blog anda dan menurut algoritma mesin pencari google, bagian deskripsi tersebut memang menjadi penilaian oleh mesin pencari. Bahkan apabila blog anda tidak memberikan sebuah deskripsi maka akan kalah bersaing dalam mesin pencarian dengan blog lain.

Ada beberapa langkah untuk memberikan deskripsi pada blog kamu, langkah ini lebih mudah daripada nomor pertama tadinya, dalam memberi deskripsi kita harus mempersiapkan deskripsi yang digunakan oleh blog anda.

Berikut langkah untuk memberi deskripsi blog anda :

Cara Mengubah Template Blogger Biasa Menjadi SEO Friendly

  • Masuk ke blogger.com, setelah itu klik tombol "Setelah" dan lanjut pilih "Prefensi penelusuran"
  • Setelah itu pada bagian "Tag Meta" kan ada dibawahnya Deskripsi, yah yang anda lakukan yaitu mengaktifkan deskripsi dan mengisi deskripsi untuk blog anda.
  • Setelah anda telah mengisi isi deskripsinya, selanjutnya tekan "Simpan Perubahan" dan semuanya selesai.

3. Mengatur Tag Heading dengan benar

Mengatur pada tag header di blog pada platform blogger itu sangatlah penting dalam SEO. Karena SEO akan menentukan peringkat anda di search engine seperti google da dari itu anda juga harus mengetahui bahwa anda harus mengatur tag heading pada judul artikel dan judul widget.

Karena apabila anda mengatur tag heading pada judul artikel dan judul pada widget anda, nantinya ranking blog anda di mesin pencari akan bertahan di halaman pertama mesin pencarian seperti google, terus bagaimana cara mengubahnya ? silahkan disimak cara dibawah ini. kita mulai dari pertama dulu.

a. Mengatur Tag Heading pada judul artikel

Biasanya template bawaan platform blogger atau template normal lainnya, mereka memberikan heading <h3> pada judul artikelnya. Padahal untuk memberikan heading <h3> untuk artikel ini kurang baik untuk seo friendly untuk mesin pencarian. Karena itu anda harus mengubahnya dari heading <h3> menjadi <h2>

Terus, Caranya gimana untuk mengubahnya ke <h2> ?

  • Pertama yang anda lakukan yaitu masuk ke blogger.com, setelah itu klik menu tema pada menu disamping kiri dan lanjut pilih "Edit HTML"
  • Setelah anda berada pada kode-kode html, disitu anda ctrl+f terus temukan atau cari kode <h3 class=’post. Setelah ketemu selanjutnya yang anda lakukan yaitu mengganti kode tersebut dengan kode tersebut dengan <h2 class=’post
Bilah tidak ditemukan, berarti template blog anda telah diubah dan juga tidak perlu repot untuk menggantinya lagi, karena telah tergantikan menjadi <h2 class=’post

b. Mengatur tag heading pada widget blog

Sama halnya seperti yang diatas, tetapi ini untuk widget pada blog anda. kan kalau diatas itu untuk cara mengubahnya dari heading <h3> ke <h2>. tetapi ini kebalikan dari diatas, dari <h2> ke <h3> terus cari kode dibawah ini di template anda.
<b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
Apabila anda menemukan kode tersebut, langkah selanjutnya mengubah kode <h2><data:title/></h2> menjadi <h3><data:title/></h3>

Apabila anda mempunyai banyak widget, anda cuman harus cari kode widget tersebut seperti kode diatas itu, dan mengubahnya dari <h3> ke <h2&gt

Mungkin itu yang dapat saya jelaskan tentang Cara Mengubah Template Blogger Biasa Menjadi SEO Friendly, mudah-mudahan tema atau template pada blog menjadi seo friendly dan mudah di index secara mudah oleh google. Sekian Wassalam.
Cara Mengubah Template Blogger Biasa Menjadi SEO Friendly
4/ 5
Oleh