Saturday, August 19, 2017

Penjelasan dan Manfaat Menggunakan SSL atau HTTPS Untuk Website

Penjelasan dan Manfaat Menggunakan SSL atau HTTPS Untuk Website

Halo sobat naimlog, lama lagi saya tidak membuat artikel. Disini saya kembali untuk menjelaskan tentang Manfaat Menggunakan SSL Atau HTTPS Untuk Website. Menggunakan SSL atau HTTPS, sangatlah bermanfaat untuk Website anda, juga akan mengoptimasi seo pada blog anda.

Apa itu SSL ?

SSL (Secure Socket Layer) menurut saya adalah suatu protokol keamanan untuk website atau blog kita. SSL akan menjaga website kita dari kejahatan kriminal yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pasti anda pernah melihat tulisan "Secure" dan juga icon Gembok di bagian url suatu website kan ? Nah berarti website tersebut telah menggunakan SSL.

Ciri-ciri website yang menngunakan SSL :

  • Pada URL, Disitu terdapat protokol HTTPS
  • Juga terlihat Tulisan Secure disertai icon gembok pada bagian URL

Jadi alangkah baiknya menggunakan SSL untuk website anda, karena dengan SSL, para pengunjung juga akan aman dari suatu kejahatan kriminal pada suatu website. 

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Ada juga perbedaan dari HTTP dan HTTPS ini. Nah pada bagian ini saya akan menjelaskan perbedaan dari HTTP dan HTTPS, jadi simak aja dibawah ini.

Keamanan Data Yang Dikirimkan 

HTTP tidak menjamin data yang dikirimkan atau ditransmisikan antara client dengan server itu aman. Sementara HTTPS menjamin data yang dikirimkan itu aman. Dalam HTTPS ada 3 aspek data yang ditanganinya, yaitu :

  • Autentikasi Server : Untuk meyakinkan client untuk berkomunikasi dengan sepenuhnya kepada server yang dituju.
  • Kerahasiaan Data : Data yang sedang dikirim atau ditransmisikan itu tidak akan diketahui oleh orang lain, karena data yang ditransmisi itu telah dienskripsi.
  • Intergritas Data : Data yang telah dikirim atau ditransmisikan, itu tidak dapat diubah oleh orang lain, Karena telah divalidasi oleh MAC

Port Yang Digunakan HTTP dan HTTPS

Pada saat berkomunikasi, HTTP menggunakan Port 80 sedangkan HTTPS itu menggunakan port 443, yang besifat default dalam berkomunikasi.

Kebutuhan SSL

Protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antara client dengan server secara default adalah HTTP. Jadi untuk menggunakan protokol HTTPS, anda harus memiliki sertifikat SSL (Secure Socket Layer).

Secure Socket Layers (SSL) adalah suatu teknologi keamanan yang telah enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server.

Manfaat Menggunakan SSL/HTTPS

  • Bagi pengguna Situs Shop online atau Forum online. Dengan adanya SSL, akan memberikan rasa aman kepada pengunjung. Juga dengan adanya SSL, data yang disimpan akan aman seperti password dan kredit. Jadi pengunjung akan betah dan juga tanpa rasa takut.
  • Selain memberikan rasa aman, dengan adanya SSL, SEO pada situs web anda akan mengoptimasi karena adanya SSL ini. Juga akan meningkatkan SERP dalam mesin pencarian, seperti google dan mesin pencarian lainnya.
  • Terakhir, Situs anda akan aman dari phising yang sedang meniru situs anda. Biasanya banyak pihak yang melakukan ini, untuk mengambil data-data dari orang-orang lain.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan tentang Penjelasan dan Manfaat Menggunakan SSL atau HTTPS Untuk Website. Semoga bermanfaat bagi ilmu pengetahuan kalian. Sekian Wassalam. Salam Naimlog.
Penjelasan dan Manfaat Menggunakan SSL atau HTTPS Untuk Website
4/ 5
Oleh